Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi - Jika dikelompokkan berdasarkan tujuannya, paragraf terbagi menjadi beberapa macam, di antaranya adalah paragraf argumentasi, paragraf deskripsi, paragraf narasi, paragraf eksposisi, dan paragraf persuasi. Artikel kali ini akan membahas tentang paragraf persuasi.

Pengertian 
Apa sih yang dimaksud dengan paragraf persuasi ? Persuasi atau yang biasa disebut persuasif yang berasal dari kata bahasa Inggris, Persuade yang berarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Oleh karena itu, jika dilihat dari arti katanya, paragraf persuasi adalah sebuah paragraf yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya untuk melakukan sesuatu seperti apa yang disampaikan oleh penulis. 

Tulisan ini bersifat subjektif karena isinya merupakan murni pandangan pribadi penulisnya tentang suatu topik. Karena tujuannya untuk mengajak, maka tidak jarang dalam paragraf ini sering kali ditemukan data-data pendukung untuk memperkuat tulisan tersebut, sehingga pembaca tidak ragu untuk melakukan apa yang ditulis oleh penulis. 

Ciri-ciri Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Isinya tentang ajakan untuk melakukan sesuatu
- Ada data berupa fakta, contoh, dan lain-lain yang digunakan untuk memperkuat alasan yang disampaikan oleh penulis mengapa harus melakukan tersebut
- Mengandung kata-kata ajakan, seperti ayo, marilah, laksanakanlah, dan lain-lain.

Jenis-jenis Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi memiliki beberapa jenis, yaitu persuasi propaganda, persuasi pendidikan, persuasi iklan, dan persuasi Periklanan. Berikut ini adalah macam-macam bentuk paragraf persuasi.

1. Persuasi Propaganda 
Jenis paragraf persuasi ini adalah paragraf yang isinya bermaksud untuk mempengaruhi pembacanya untuk melakukan atau mempercayai sesuatu. Berbeda dengan jenis-jenis paragraf persuasi lainnya, paragraf ini memiliki keinginan yang kuat untuk mempengaruhi pembacanya. Paragraf persuasi propaganda banyak ditemukan pada media cetak, seperti surat kabar, majalah, pamphlet, dan lain-lain.

Contoh:
Jagalah Keselamatan di Jalan Raya

Jalan raya merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia setelah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan puluhan bahkan ratusan orang meninggal dunia di jalan raya setiap harinya. Penyebabnya pun beraneka ragam, seperti kecelakaan lalu lintas, tabrak lari, kecelakaan tunggal dan lain-lain. Menurut data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu ada sekitar 453 kasus kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu, marilah waspada ketika sedang menggunakan jalan raya, karena mereka yang menjadi korban bukan hanya pengemudi atau penumpang saja, tetapi pejalan kaki pun ikut menjadi korban. Selain itu, patuhi juga semua rambu-rambu jalan dan jangan lupa untuk menggunakan alat keselamatan ketika berkendara, seperti helm, sabuk pengaman, dan lain-lain, dan yang terakhir ingatlah bahwa keluarga sedang menunggu kita di rumah.

Baca Juga:
Pasangan Suami Istri Ditangkap Karena Diduga Teroris
Review dan Harga Yamaha R15 2017

2. Persuasi Politik 
Paragraf persuasi politik merupakan paragraf persuasi yang digunakan dalam bidang politik, seperti mengajak pembaca untuk bergabung ke dalam partai, maupun mengajak pembaca untuk berpartisipasi dalam bidang politik. 

Contoh:
Mari Sukseskan Pilpres 2014

Sebentar lagi Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi yang sangat besar yaitu memilih presiden dan wakil presiden. Partisipasi kita sangat dibutuhkan demi masa depan Negara kita ini. Oleh karena itu, gunakanlah hak pilih kita jangan sampai menjadi golput karena itu akan merugikan bagi bangsa kita. Marilah kita sama-sama dengan mengajak seluruh orang-orang terdekat kita untuk pergi ke TPS dan memilih calon presiden kita. Ingat, lima menit yang kita berikan untuk memilih calon presiden kita, akan sangat menentukan nasib bangsa ini selama lima tahun ke depan. 

3. Persuasi Periklanan/Advertensi
Persuasi advertensi adalah paragraf persuasi yang digunakan dalam bidang Periklanan. Paragraf ini berfungsi untuk mempengaruhi calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh penulisnya. 

Contoh:
Gunakanlah Pasta Gigi Pasti Bersih

Pasta Gigi Pasti Bersih terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia sedikit pun sangat baik untuk kesehatan gigi Anda. Hal ini dikarenakan bahan-bahan alami yang terbuat dari bahan alami beserta daun mint dan campuran susu yang bisa memutihkan gigi sekaligus mematikan kuman yang ada di dalam gigi. Selain itu, daun mint akan membuat gigi Anda terasa segar sepanjang hari, sehingga mulut terbebas dari bau mulut. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi Pasti Bersih secara teratur untuk membuat gigi sehat dan berkilau. Gigi sehat dan jauh dari bau mulut akan membuat hidup Anda lebih baik.  

4. Persuasi Pendidikan
Persuasi pendidikan adalah jenis paragraf persuasi yang digunakan dalam bidang pendidikan. Paragraf ini biasanya berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan. 

Contoh:
Mari Budayakan Membaca

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan membaca, ilmu dan wawasan kita akan semakin luas, sehingga kita tidak akan tertinggal oleh jaman yang semakin maju ini. Selain bermanfaat, membaca juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Membaca buku ternyata juga bisa merefresh otak-otak kita yang tegang. Oleh karena itu, marilah menciptakan budaya membaca karena membaca bisa memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati. 

Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian, ciri-ciri, dan jenis paragraf persuasi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda. Temukan juga berbagai artikel menarik lain yang bisa Anda temukan dalam blog ini. Terimakasih atas kunjungannya dan teruslah belajar.

Kunjungi Juga:
www.tk14.info
www.awdconference.com
www.116lou.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.